Mendeteksi Motor 4 Tak Mengeluarkan Asap Putih Layaknya Motor 2 Tak


Kalau sepeda motor yang berbasis 2 tak memang sudah terbiasa dengan knalpot yang mengeluarkan asap, karena motor 2 tak tersebut memakai campuran oli samping. Tapi kalau motor 4 tak yang ngebul mengeluarkan asap tebal, maka harus segera diantisipasi.

Untuk menanggapi hal seperti itu, jangan dilakukan dengan terburu-buru. Walaupun memang tetap saja ada ketidakberesan terjadi pada mesin motor. Lihat dulu warna asapnya. Kalau asap berwarna kehitaman atau abu-abu pekat, ini dapat dimungkinkan karena campuran bensin di karburator kebanyakan. Hal ini bukan berarti ada kerusakan, cukup atur setting karburatornya. Namun jangan dicuekin, bisa-bisa merembet. Paling cepat yang kita rasakan akibatnya adalah boros bensin atau busi cepat lemah.

Tetapi jika asap yang dikeluarkan berupa asap putih yang tebal sepeti motor 2 tak, kita baru boleh panik. Karena ada kemungkinan oli mesin menetes masuk pengapian/ruang bakar yang mengakibatkan oli itu ikut terbakar.

Ada beberapa kemungkinan oli masuk keruang bakar, bisa dikarenakan seal klep sudah rusak akibat kurangnya suplai oli kekepala silinder. Hal ini menyebabkan komponen aus akibat bergesekan dengan klep secara terus-menerus tanpa dibarengi cukup pelumas. Penggantian seal cukup untuk mengatasi problem.

Kemungkinan kedua, ring seher minta diganti karena sudah tak sanggup menahan oli dari kruk as agar tidak masuk ruang bakar. Segera ganti ring seher untuk mencegah kerusakan yang lebih dahsyat. Tapi kalau kerusakan sudah parah dan menular kemana-mana, apa boleh buat. Kita kudu bayar lebih buat ganti piston dengan ukuran lebih besar (oversize).

Yang wajib kita ingat pada mekanisme motor bermesin 4-tak, peran oli mesin sangat-sangat penting. Kepekatan/kekentalan oli makin lama makin encer hingga daya lumasnya pun makin kurang. Jadi, jangan sampai telat ganti oli mesin.